Coba Cara Ini! 4 Cara Menabung Yang Efektif

  • 3 min read
  • Sep 20, 2020
Cara Menabung Yang Efektif

4 Cara Menabung Yang Efektif | Beberapa orang banyak yang merasakan kesusahan dalam melatih diri untuk menabung. Banyak pula yang berasumsi jika menabung itu mempunyai beban tersendiri dalam melakukannya.

Walau sebenarnya jangan jadikan menabung itu satu beban untuk Anda, tetapi buat jadi rutinitas baik yang manfaatnya akan dirasakan nantinya.

4 Cara Menabung yang Efektif dan Mudah Dilakukan

Supaya menabung bertambah lebih mudah serta gampang di bawah ini ialah panduan untuk cara menabung gampang yang unik serta efisien untuk Anda ikuti.

1. Metode Tanggalan Terbalik

Cara menabung yang efektif yang pertama adalah metode tanggalan terbalik. Coba panduan menabung terbalik tanggal ini, misalnya dalam sebulan ada 30 hari. Jadi pada tanggal 1 Anda menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000 dan sebagainya.

Sampai di akhir bulan tanggal 30 Anda memasukkan uang Rp1.000 ke tabungan yang terlah di isi satu bulan penuh.

Dalam 30 hari saja Anda kira-kira sudah menabungkan sebesar Rp465.000. Kerjakan hal itu teratur tiap bulannya. Cocokkan dengan ada berapakah hari dalam sebulan itu. ini juga termasuk dalam salah satu tips investasi tabungan untuk masa depan Anda.

Misalnya dalam sebulan ada 31 hari, awalilah menabung pada tanggal 1 dengan nominal uang Rp31.000 yang disisihkan ke tabungan Anda. Jangan kira sepele uang receh, Anda sempat dengar pepatah yang menjelaskan jika dikit demi sedikit semakin lama jadi bukit.

Nah, belajar dari pepatah itu coba Anda mengumpulkan tiap uang receh yang didapatkan serta diketemukan dalam tas, saku, atau dompet sehari-harinya.

2. Si 10ribu Rupiah

Cara menabung yang efektif yang ke-2 adalah si 10ribu Rupiah. Panduan menabung yang di populerkan oleh seorang motivator namanya Ippho Santosa. Beliau memaparkan cara menabung gampang yang unik serta efisien yakni Anda mempersiapkan satu celengan serta menabungkan tiap uang Rp10.000 yang Anda dapatkan di dalam celengan itu.

Jadi, misalnya Anda belanja serta memperoleh kembalian tiga lembar Rp10.000, maka semua uang Rp10.000 itu harus langsung Anda tabungkan. Atau bila Anda mendapatkan selembar uang Rp10.000 di tas atau saku maka uang itu juga harus Anda input di dalam celengan yang terlah disiapkan.

Cara itu termasuk efisien, coba Anda pikirkan. Misalnya dalam satu hari Anda memperoleh uang sejumlah Rp10.000 sekitar 3 lebar, dalam satu minggu saja ada Anda telah kumpulkan sebesar Rp210.000. Serta dalam 30 hari tanpa ada diakui Anda sudah kumpulkan sebesar Rp630.000, loh! Cara ini baik untuk Anda yang condong malas menabung.

Ingat menabung bukan penyisihan uang tersisa, tetapi menyisihkan uang belum dipakai.

3. Menyimpan Uang Kertas Dengan Nominal Terkecil

Cara menabung yang efektif yang ke-3 adalah menyimpan uang kertas dengan nominal terkecil. Tiap hari Anda coba periksa dompet, melihat uang kertas Anda dengan nominal paling kecil serta tabungkan uang itu. Sebaiknya Anda mengendalikan jam berapakah Anda akan menabungkan uang itu. Misalnya, tiap sampai rumah sesudah bekerja sepanjang hari langsung cek dompet Anda.

Serta ada uang Rp10.000 untuk nominal paling kecil serta selekasnya tabungkan lah uang itu. Gampang kan? Cara ini benar-benar baik untuk berlatih menabung. Uang Anda bukan hanya di tabungkan saja, tetapi Anda bisa merasai bunga hasil dari investasi itu.

4. Simpan Uang Recehan

Cara menabung yang efektif yang ke-4 adalah menyimpan setiap uang koin yang anda miliki. Siapkan celengan dengan ukuran yang lumayan besar, karena uang recehan cukup mengonsumsi tempat. Anda sempat dengar seorang yang sukses beli kendaraan bermotor dengan uang receh? Nah, cara semacam ini bisa disebutkan menabung gampang yang unik serta efisien mempunyai efek besar.

5. Investasi

Cara menabung yang efektif yang ke-5 adalah investasi saham. Bila Anda memikir jika investasi cuma bisa dilaksanakan dengan nominal besar serta cuma pas untuk orang yang sudah mempunyai banyak uang saja, pasti pengakuan itu salah. Ada banyak instrumen investasi yang bisa diawali dengan nominal kecil. Anda bisa coba melakukan investasi dengan skema peer-to-peer lending.

Investasi bisa diawali pada nominal Rp100.000 saja, tetapi bunga hasil yang ditawarkan s/d 23,32%. Ditambah lagi bila Anda manfaatkan dampak Compaunding, uang yang sudah di investasikan serta sudah terima hasil bunganya selanjutnya diinvestasikan kembali lagi yang akan memperoleh bunga bergulung.

Bagaimana, menarik kan? Telah tidak lagi ada fakta yang menjelaskan jika menabung itu susah. Selamat menabung!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *