Aplikasi Pinjaman Online Dengan Bunga Rendah

8 Aplikasi Pinjaman Online Dengan Bunga Rendah

Pinjaman Online Dengan Bunga Rendah | Bunga pinjaman online sering jadi pro-kontra karena dilihat jauh dari rendah, tinggi sekali, mencekik, serta fintech yang unggul masalah credit langsung cair, ditunjuk rentenir online. Untuk memberikan bukti, saya ulasan 8 aplikasi fintech OJK, untuk mengenali berapakah bunga pinjaman online. Apa benar bunganya setinggi yang banyak dirasakan ? Dimana pinjaman online bunga terendah 2019 2020 ?

Tidak ada produk keuangan yang tumbuhnya secepat fintech pinjaman online. Sekarang ini, jumlah fintech P2P capai 160 bertambah yang tercatat sah di OJK, bertambah tajam dari pertama-tama perizinan dibuka OJK di akhir 2016. Keringanan, serta kecepatan langsung cair jadi favorit fintech dalam tawarkan pinjaman dibanding perbankan serta leasing yang populer lama serta repot dalam mengajukan credit. Catatan statistik dari OJK berikut ini memperlihatkan lebih mendalam bagaimana perkembangan Fintech pinjaman yang masif.

Tetapi, pinjaman online dengan bunga rendah bukan tanpa ada pro-kontra. Diantaranya, di luar banyak pro-kontra lain, ialah bunga pinjaman online yang dipandang tinggi serta mencekik. Misalnya, “bunga 1% satu hari 30% satu bulan … ” sebagai target banyak kritikan pada fintech.

Serta sampai ada arti rentenir online diawalnya pinjaman online ada di pasar. Saya punyai kepercayaan jika bunga pinjaman online yang tinggi serta jadi pergunjingan di warga, kemungkinan saat ini telah beralih. Tetapi, berapa bergantinya, saya tidak paham.

Yang saya ketahui, AFPI, perkumpulan tempat berkumpulnya Fintech Lending di Indonesia, telah keluarkan dasar jika keseluruhan ongkos pinjaman, termasuk juga bunga, ongkos provisi, maximum ialah 0,8% /hari. Jadi, maximum satu bulan dengan anggapan 30 hari, ongkos pinjaman yang dapat Fintech bebankan ke peminjam ialah 24% sesuai dengan dasar AFPI.

Serta dasar ini punyai kemampuan karena bila fintech menyalahi maka akan terkena sangsi dari AFPI berbentuk keanggotaan ditarik apabila ditarik keanggotaan maka OJK akan mengambil surat tercatat. Apa benar bunganya masih tinggi ? Apa tidak ada pinjaman online dengan bunga rendah ? Bagaimana trik dan tips hadapi fintech agar dapat memperoleh pinjaman online dengan bunga rendah ? Untuk cari tahu, saya lakukan survey ke sejumlah fintech yang cukup terkenal di warga.

Aplikasi Pinjaman Online Dengan Bunga Rendah Cepat Cair

Walau jumlah fintech P2P legal terdapat beberapa, tapi yang saya melihat aktif mempromokan produk pinjaman dengan bunga rendah di pasar sedikit. Jadi, beberapa aplikasi fintech ini menurut saya cukup memberi deskripsi masalah bunga rendah atau tinggi di fintech lending.

1. Kredit Pintar – Pinjaman Online Cepat Cair

Pinjaman online dengan bunga rendah yang pertama ada Kredit Pintar. Kredit Pintar ialah aplikasi pinjaman tunai online 24 jam langsung cair. Aplikasi perlu didownload untuk dapat ajukan pinjaman online di Kredit Pintar yang cuman minta ketentuan KTP, tanpa ada jaminan, tanpa ada kartu credit, tanpa ada BI checking serta cepat cair maximum 24 jam semenjak kesepakatan.

Feature pinjaman cepat cair tanpa ada jaminan yang ditawarkan Kredit Pintar, ialah:

  • Plafon Rp 600 ribu sd Rp 1.8 juta
  • Tenor 28 hari sd empat minggu.
  • Untuk tenor empat minggu, Kredit Pintar membagi jadi 2 kali angsuran dalam empat minggu itu.

Kriteria pinjaman di Kredit Pintar ialah seperti berikut:

  1. Masyarakat Negara Indonesia
  2. Umur 18 – 55 tahun atau minimal Umur 22, maximum 60 tahun.
  3. Mempunyai KTP masih berlaku
  4. Mempunyai account Bank sesuai dengan KTP
  5. Bertempat di Indonesia

Dalam proses kesepakatan serta pencairan uang tunai ke rekening nasabah, Credit Pintar lakukan pemangkasan ongkos diawalnya, dikatakannya ongkos provisi, hingga dana yang diterima nasabah tidak sebesar kesepakatan plafon pinjaman.

Contohnya, saya ajukan plafon credit Rp 600 ribu, serta disepakati, maka dana yang cair ke rekening saya ialah Rp 570 ribu (bukan Rp 600 ribu) karena Rp 30 ribu ialah potongan ongkos didepan.

Tapi, penghitungan bunga dipastikan dari jumlah pinjaman yang disepakati, Rp 600 ribu (tidak dari Rp 570 ribu), yang selanjutnya akan tentukan jumlah pelunasan. Pandangan cara penghitungan ini penting buat peminjam untuk dapat tentukan berapakah bunga pinjaman di Kredit Pintar. Karena bila cuman berhitung berdasar bunga % saja tidak mencerminkan situasi keseluruhan bunga sebetulnya.

Bunga Kredit Pintar Pinjaman Online Cepat Cair

Saya hitung bunga Credit Pintar serta mendapatkan bunganya 0,8% /hari, yakni:

  • Pinjaman Rp 600 ribu
  • Pencairan Rp 570 ribu
  • Tenor waktu pinjaman 28 hari
  • Pelunasan Rp 697,600
  • Keseluruhan bunga 22,3% atau 0,8% /hari.

Kredit Pintar ambil bunga harian maximum sesuai dengan ketetapan AFPI untuk semua tenor panjang atau pendek, dan semua plafon besar atau kecil. Semua sama terkena 0,8% satu hari.

2. Maucash – Pinjaman Online OJK

Pinjaman online dengan bunga rendah yang kedua ada MauCash. Maucash ialah aplikasi pinjaman uang angsuran tanpa ada jaminan dari kerjasama FIF (Astra) serta WeLab (China), yang telah berizin sah P2P dari OJK.

Feature dana tunai Maucash ialah:

  • Nilai plafon credit: Rp 500.000 sd Rp 8.000.000
  • Tenor pinjaman: 30 hari serta angsuran 3 – enam bulan
  • Maximum suku bunga tahunan 125%

Untuk mengajukan pinjaman pertama, jumlah pinjaman maximum ialah Rp 1.500.000 serta untuk mengajukan pinjaman ke-2 dan sebagainya, jumlah pinjaman dapat bertambah capai maximum.

Kriteria di Maucash cuman memerlukan KTP (e-KTP) serta pilihan dari dokumen berikut ini untuk lengkapi mengajukan pinjaman, yakni:

  1. Jika Karyawan: input Kartu Sinyal Pengenal Karyawan atau Slip Upah atau Kartu Asuransi dengan Nama Perusahaan atau Rekening Bank 3 bulan paling akhir.
  2. Jika Wiraswasta: input Bukti Potong 1721-A1 / SPT/ Rekening Bank 3 bulan paling akhir/ NPWP (Perusahaan)/ SIUP/ SKU/ PBB.

Maucash memangkas ongkos provisi didepan sebelum dana tunai cair ke rekening nasabah.

Jadi, dana yang diterima nasabah di rekening pencairan tidak sebesar plafon pinjaman yang disepakati.

Bunga Maucash Angsuran Tanpa ada Jaminan

Saya hitung bunga Maucash serta mendapatkan bunganya 0.53% sd 0.75% /hari bergantung pada tenor pinjaman, dengan perincian berikut

  • Pinjaman Rp 1 juta
  • Pencairan Rp 850 ribu
  • Tenor waktu pinjaman 61 hari
  • Pelunasan Rp 1,244,000
  • Keseluruhan bunga 46% atau 0,75% /hari.

Maucash mengaplikasikan bunga harian yang lain, bergantung pada tenor pinjaman. Lama-lama waktu pinjaman, bunga harian sedikit bertambah rendah. Dapat disaksikan jika bunga harian tenor 61 hari serta 3 bulan tidak sama, yakni 0.75% versus 0.53%. Maucash tidak ambil bunga maximum AFPI 0.8% /hari tapi memutuskan sedikit bertambah rendah di 0.75% /hari.

3. Julo – Credit Tanpa ada Jaminan

Pinjaman online dengan bunga rendah yang ketiga ada Julo. Julo ialah pinjaman uang angsuran tanpa ada jaminan tercatat di OJK.

Aplikasi Julo tawarkan beberapa produk pinjaman, yakni:

  • Julo Mini: pinjaman Rp 1,000,000 tenor 30 hari bunga 10% per bulan
  • Julo Angsuran: pinjaman Rp 8,000,000 tenor 3 – enam bulan bunga 1.5% – 4% per bulan serta cashback (uang kembali lagi) sebesar 2%

JULO Jaminan ialah pilihan credit dengan jaminan berbentuk BPKB motor, mobil, atau sertifikat rumah, apartemen atau tanah.

Pengalaman dari ajukan, saya memperoleh kredit scoring, Julo Point, B+, yang mana saya dapat ambil dua pilihan produk, yakni:

  1. Julo Mini: max Rp 1,000,000 tenor 30 hari
  2. Julo Cicil: max Rp 8,000,000 angsuran 3 – enam bulan

Saya pilih Julo Mini serta ajukan credit Rp 1,000,000 dengan tenor 30 hari.

Bunga Julo Angsuran Online

Dalam kesepakatan, Julo mengatakan ketetapan pencairan serta pelunasan credit ialah:

  • Pinjaman Rp 1 juta yang disepakati, saya akan terima pencairan Rp 950,000 ke rekening
  • Jumlah pencairan dipotong ongkos provisi sejumlah Rp 50,000
  • Keseluruhan pengembalian pinjaman Rp 1,103,000

Disini, saya hitung bunga (pinjaman saya 30 hari) ialah 16% untuk 1 bulan. Bunga 16% satu bulan berarti 0,53% satu hari relatif murah dibanding pinjaman online dengan bunga rendah yang lainnya.

4. Tunaiku – Angsuran Tanpa ada Jaminan

Pinjaman online dengan bunga rendah yang ke-empat ada Tunaiku. Tunaiku ialah angsuran online tanpa ada jaminan yang memberi plafon tinggi serta dapat dicicil sampai 20 bulan.

Feature Tunaiku ialah:

  • Plafond Pinjaman Rp 2,000,000 s/d Rp 20,000,000
  • Angsuran tenor 6 bulan s/d 20 bulan.

Saya ajukan pinjaman di Tunaiku untuk tahu berapakah bunganya. Cara paling mudah hitung bunga yang bertambah tepat ialah hitung angsuran per bulan selama saat tenor pinjaman dibanding dana yang dicairkan ke rekening peminjam.

Bunga Tunaiku Angsuran Tanpa ada Jaminan

Dalam kontrak pinjaman, Tunaiku sampaikan schedule angsuran sebagai berikut:

  1. Keseluruhan pinjaman Rp10,000,000
  2. Tenor 12 bulan
  3. Angsuran per bulan Rp1,276,210.
  4. Keseluruhan pembayaran Rp 15,231,553.04 semasa 12 bulan
  5. Bunga jadi 50% untuk pinjaman semasa satu tahun atau kira-kira 4%+ per bulan.
  6. Bunga per bulan jadi relatif rendah di 4% an per bulan.

Tapi, harus diingat, jika ada keharusan tenor enam bulan, hingga dengan cara keseluruhan bunga nasabah yang perlu bayar 25%+.

5. Indodana – Pinjaman Online Paling dipercaya

Pinjaman online dengan bunga rendah yang ke-lima ada Indodana. Indodana ialah aplikasi pinjam uang tunai tanpa ada slip upah tanpa ada kartu credit, yang tawarkan dua tipe pinjaman, yakni:

  • Dana Tunai dengan jumlah Rp 1 juta sd Rp 8 juta dengan tenor 1 bulan sd 3 bulan
  • PayLater untuk membeli barang di merchant kerja sama dengan limit angsuran sampai 25 juta serta dapat dicicil semasa beberapa waktu.

Ketentuan mengajukan kredit di Indodana ialah:

  • Umur minimal 21 tahun serta maximum 50 tahun
  • Mempunyai rekening atas nama pribadi yang sudah berjalan semasa 3 bulan atau bisa lebih
  • Mempunyai pendapatan rutin serta sudah kerja minimum 3 bulan.
  • Masyarakat Negara Indonesia (WNI)

Saya ajukan pinjaman tunai di Indodana untuk memeriksa berapakah besar bunganya.

Bunga Indodana Dana Tunai Cepat Cair

Saya hitung bunga Indodana serta mendapatkan bunganya 0.53% sd 0.75% /hari bergantung pada tenor pinjaman, dengan perincian berikut

  • Pinjaman Rp 1 juta
  • Pencairan Rp 850 ribu
  • Tenor waktu pinjaman 61 hari
  • Pelunasan Rp 1,244,000
  • Keseluruhan bunga 46% atau 0,75% /hari.

6. PinjamanGo – Pinjaman Online Langsung Cair KTP

Pinjaman online dengan bunga rendah yang ke-enam ada PinjamanGO. Pinjaman Go ialah salah P2P berizin OJK yang tawarkan pinjam uang tanpa ada jaminan cukup ketentuan KTP melalui aplikasi di semua Indonesia.

Pinjaman Go cuman tawarkan dua tenor, yakni 14 hari serta 21 hari dengan plafon credit dari Rp 1.2 juta sampai tertinggi Rp 6 juta.

Peminjam mengambil aplikasi di Playstore serta penuhi kriteria seperti berikut:

  • Mempunyai KTP,
  • Rekening bank,
  • Nomor HP yang masih aktif,
  • Pendapatan tetap bulanan.

Cara penghitungan pencairan serta pengembalian keharusan pelunasan di pinjaman Go cukup tidak sama dengan biasanya fintech lending lainnya.

Di Pinjaman Go, plafon yang disepakati langsung dipotong dengan bunga atau biaya service dari muka serta peminjam mengembalikkan sebesar plafon disepakati itu.

Bunga Pinjaman GO Uang Tunai

Nasabah pertama ajukan Rp 1.2 juta serta disepakati tapi dana pencairan ke rekening ialah Rp 1 juta-an (bukan Rp 1.2 juta) serta keharusan pengembalian ialah Rp 1.2 juta, di bawah ini rinciannya:

  • Mengajukan pinjaman Rp 1,200,000
  • Pencairan Rp 1,079,880 ke rekening nasabah
  • Pengembalian Rp 1,200,000 saat jatuh termin
  • Tenor 14 hari
  • Bunga Pinjaman Go jadi 0,8% /hari atau 11.12% untuk waktu pinjaman 14 hari.

7. Rupiah Cepat – Credit Cepat Cair

Pinjaman online dengan bunga rendah yang ke-tujuh ada Rupiah Cepat. Rupiah Cepat ialah pinjaman online melalui aplikasi dengan cara angsuran sampai 3 bulan, dengan feature:

  • Credit uang tunai tanpa ada jaminan
  • Jumlah pinjaman Rp 400 ribu sd Rp 5 juta
  • Pilihan tenor waktu pinjaman ialah: 65 hari, 75 hari serta 90 hari

Rupiah Cepat tawarkan pinjaman cuman modal KTP dengan proses mengajukan 15 menit. Kriteria mengajukan ialah:

  • WNI.
  • Punyai KTP.
  • Punyai nomor HP masih.
  • Punyai rekening bank.

Pencairan Rupiah Cepat tidak ada potongan ongkos, berarti bila mengajukan pinjaman disepakati Rp 1 juta maka pencairan dana ialah Rp 1 juta.

Tidak ada potongan perencanaan keuangan di muka seperti beberapa fintech pinjaman online yang lain.

Bunga Rupiah Cepat Pinjaman Online

Bunga pinjaman Rupiah Cepat ialah 0,54% sd 0,39% /hari, yakni:

  • Pinjaman dicairkan 600 ribu
  • Tenor 65 hari
  • Pelunasan Rp 540 ribu
  • Bunga harian 0,54% serta keseluruhan bunga yang perlu dibayar

Bunga di RupiahCepat pada bergantung dari waktu pinjaman, lama-lama tenor semakin rendah bunga /hari walau keseluruhan bunga dibayar jadi makin besar.

8. UangTeman – Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa ada Repot

Pinjaman online dengan bunga rendah yang ke-delapan ada UangTeman. UangTeman satu diantara fintech yang pertama-tama mengeluarkan aplikasi pinjaman online cepat cair dalam tempo kurang dari 24 jam. Melalui aplikasi yang didownload di PlayStore, customer dapat ajukan produk penting UangTeman, yakni dana tunai dengan tenor singkat semasa 30 hari. Ada simulasi pinjaman di aplikasi untuk dapat hitung bunga, ongkos service serta keharusan lain, sebelum nasabah ajukan credit.

Jadi, nasabah dapat hitung dengan cara terbuka dari muka semua keharusan yang perlu dilunasi saat jatuh termin. UangTeman mempunyai dua produk pinjaman, yakni pinjaman harian serta angsuran, yang masing – masing mempunyai bunga tidak sama, dengan feature berikut:

  1. Pinjaman Harian plafon Rp 1.5 juta sd Rp 3 juta dengan tenor 65 hari serta 70 hari
  2. Angsuran plafon Rp 3 juta sd Rp 10 juta dengan tenor 3 bulan serta enam bulan.

Dalam tipe pinjaman harian, nasabah harus melunasi diakhir tenor pinjaman. Ini bukanlah angsuran tapi pelunasan 1x diakhir tenor.

Bunga UangTeman Pinjaman Online Cepat Terbaik

Bunga di UangTeman dibedakan atas pinjaman harian (sekali bayar diakhir tenor) serta angsuran.

1. Pinjaman Harian

UangTeman bunga /hari 0,8% tenor 65 hari serta 70 hari, yakni:

  • Pinjaman Rp 1.5 juta disepakati serta dicairkan dalam jumlah sama (tidak ada potongan di muka)
  • Tenor 65 hari
  • Bunga harian 0,8% serta keseluruhan bunga 52%

2. Pinjaman Cicilan

UangTeman angsuran plafon Rp 3.5 juta sd Rp 10 juta tenor 3 bulan serta enam bulan memutuskan bunga harian 0,6% sd 0,55% bergantung tenor seperti berikut:

  • Pinjaman Rp 3.5 juta disepakati serta cair dalam jumlah sama (tidak ada potongan di muka)
  • Tenor 3 bulan
  • Bunga harian 0,60% serta keseluruhan pembayaran bunga 54% dari inti yang nasabah pinjam.

Bunga /hari untuk angsuran tambah murah, yakni 0.60% sd 0.55% /hari, dibanding pinjaman harian. Tapi, karena angsuran diambil dalam waktu pinjaman bertambah panjang, 3 bulan serta enam bulan, maka keseluruhan bunga yang perlu dibayar oleh nasabah bertambah lebih besar.

Melihat keseluruhan bunga angsuran enam bulan dekati 100% pengembalian, yakni:

  • Pinjaman Rp 3.5 juta harus kembalikan Rp 6.96 juta
  • Pinjaman Rp 10 juta harus kembalikan Rp 19.90 juta

Tips dan Trik Mendapatkan Pinjaman Online Dengan Bunga Rendah

Pengalaman dari ajukan, satu perihal yang tentu untuk saya, bunga pinjaman online semakin tinggi, semakin lebih tinggi, dibanding bunga bank, serta semakin tinggi dari bunga KTA bank yang populer mahal sekalinya. Jadi, jika cari bunga bertambah rendah dari bank, fintech bukan tempatnya. Tetapi, jangan lihat cuman dari perbandingan bunga semata-mata.

Bunga pinjaman online memang tidak semurah bank, tapi ada kecepatan, keringanan proses di fintech P2P, diantaranya:

  • Tanpa ada Kartu Credit
  • Ketentuan cuman KTP saja
  • Tanpa ada Slip Upah
  • Tanpa ada BI Checking (Slik OJK)
  • Cepat Cair 24 Jam
  • 100% Online Tanpa ada Lihat Muka

Saya percaya situasi di atas tidak mungkin diketemukan saat mengajukan credit ke bank. Jadi, jika ingin memperbandingkan bunga murah di fintech versi bank jelas bukan perbandingan yang sebanding, dan kurang pas, karena masing – masing punyai keunggulan. Dari semua p2p yang saya ulasan di atas, semua taat pada batas dari AFPI masalah bunga max 0,8% /hari. Kebijaksanaan AFPI mengatur bunga fintech nampaknya cukup efisien.

Buat calon peminjam yang ingin ajukan ke pinjaman online, pendapat saya:

  • Perbandingkan di antara fintech karena tidak semua bunganya mahal, mentok di 0,8% /hari. Ada fintech yang memberi bunga bertambah rendah dari cap max bunga itu.
  • Banding di antara Fintech dengan hitung berdasar suku bunga harian supaya karena tenor di pinjaman online dapat tidak sama – beda sekali satu dengan yang lain.
  • Jangan terdiam pada suku bunga yang diterbitkan fintech untuk hitung beban bunga sebetulnya. Banyak fintech membuat bunga terlihat rendah, tetapi sebetulnya tidak, karena ada potongan ongkos admin atau provisi. Jadi, walau bunga dengan cara persentase rendah, tetapi sebenarnya pencairan tidak sebesar plafon yang disepakati, dipotong ongkos dari muka.
  • Cara termudah hitung keseluruhan bunga yang perlu dijamin peminjam ialah memperbandingkan dana pencairan yang masuk di rekening versus jumlah pelunasan, untuk dapat hitung berapakah ongkos bunga dengan cara tepat.
  • Bila memang ingin ambil pinjaman online, karena beberapa alasan, pendapat saya mengambil yang tenor pendek.
  • Dapat melihat dari ulasan bunga yang saya jumpai di fintech jika angsuran semasa beberapa waktu membuat jumlah pembayaran bunga jadi selangit. Dapat dekati 100% !
  • Pinjaman online bertambah cocok untuk pinjaman periode pendek serta tidak untuk angsuran.

Di luar negeri, pinjaman online diketahui untuk ‘payday loan’, yang waktu pinjaman hanya gajian (payday), yakni 30 hari.

Kesimpulan

Saya lakukan survey ke 8 fintech OJK untuk lihat berapakah bunga yang diberi pinjaman online, yang sejauh ini dipersepsikan memberi bunga tinggi sekali. Hasilnya, tidak semua pinjaman online mengaplikasikan bunga tinggi. Ada yang pinjaman online bunga rendah.

Kebijaksanaan AFPI batasi maximum bunga diiringi oleh semua fintech yang saya survey di atas. Tapi, rendahnya pinjaman online tidak dapat dibanding dengan tingkat suku bunga bank karena kedua-duanya punyai ciri-ciri yang lain. Jadi, jika ingin ajukan credit di pinjaman online, Sebaiknya anda telah punyai deskripsi tentang bagaimana bunga yang ditanggung ke peminjam.

Kata Kunci: apk pinjaman online termudah