Investasi Emas

Emas merupakan logam mulia yang agak lumayan mahal. Banyak masyarakat Indonesia yang sudah memahami bahwa emas merupakan sarana investasi jangka panjang. Mereka menyimpan uang dalam bentuk emas dan bila suatu saat mereka membutuhkan uang, emas tersebut dapat dijual oleh mereka. Apabila ditelaah lebih mendalam ternyata emas memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan sarana investasi lain tentunya dengan beberapa kondisi yang menunjang. Saat ini investasi emas dapat dilakukan melalui bursa berjangka.

Jika Anda berminat berinvestasi dalam bentuk perhiasan khususnya emas, Anda perlu memahami tentang kadar emas. Kandungan kadar emas dinilai berdasarkan standar internasional dalam satuan yang disebut karat. Kadar kandungan emas dari suatu perhiasan emas ditentukan oleh campuran logam emas dan logam lainnya (tembaga dan perak) yang digunakan. Saat membeli emas, sebaiknya Anda menanyakan mengenai kadar karat dan sertifikat keasliannya.

Pergerakan harga emas di Indonesia sangat berhubungan erat dengan nilai tukar US Dollar terhadap rupiah. Intinya, harga emas dinyatakan dalam satuan US dollar berdasarkan harga pasaran emas dunia yang berpusat di London Metal Exchange. Jadi apabila mata uang dollar menguat terhadap rupiah maka harga emas juga akan meningkat, begitu juga sebaliknya. Harga emas juga tergantung pada perkembangan permintaan dan penawaran diseluruh dunia sehingga harga emas yang terbentuk merupakan harga terbaik saat itu. Investasi emas atau logam mulia relative lebih aman dari peluang dipermainkan oleh investor besar atau spekulan.

Kondisi perekonomian suatu negara sangat berpengaruh terhadap perubahan harga di satu negara. Tingkat inflasi suatu negara dapat menjadi indikatornya. Tidak demikian dengan emas. Semakin tinggi laju inflasi akan semakin tinggi pula kenaikan harga emas. Jadi dapat dikatakan bahwa investasi emas merupakan sarana investasi anti atau tahan inflasi. Oleh karena itu banyak banyak investor yang menempatkan emas dalam komposisi portfolionya sebagai sarana lindung nilai (hedging) khususnya terhadap inflasi.

Dalam kondisi keamanan tidak menentu atau kondisi keuangan bergejolak secara makro, orang pada umumnya akan berlindung dari gejolak moneter tersebut dengan mengalihkan dananya kedalam bentuk emas. Jadi, selama inflasi suatu negara masih relatif tinggi dan keadaan pada umumnya masih penuh ketidakpastian, emas merupakan sarana investasi yang cukup menarik. Anda juga harus memiliki perencanaan laporan investasi keuangan agar keuangan anda menjadi stabil.

Cara Investasi Emas Bagi Pemula

Sebetulnya ada beberapa cara yang dapat dilaksanakan untuk memulai investasi. Dari mulai menabung emas, beli perhiasan atau emas batangan untuk disimpan, atau dapat dengan cara arisan emas. Untuk lebih detilnya, akan kami uraikan di bawah ini.

Cara Investasi Emas di Pegadaian

Pihak Pegadaian serta bank syariah sediakan service untuk melakukan investasi emas yang fleksibel. Dimana Anda dapat beli emas serta menitipkannya pada Pegadaian. Dengan begitu, emas Anda semakin lebih aman.

Selain aman, Anda juga mempunyai pilihan yang bertambah fleksibel karena minimum ongkos penitipan rerata Rp 2.500 per bulannya. Sedang harga per gramnya ikuti perubahan harga emas yang berlaku. Hingga Anda dapat menabung berapa saja yang Anda kehendaki.

Untuk beberapa cara menabung emas di pegadaian ialah:

  1. Datang ke kantor Pegadaian atau bank syariah paling dekat untuk buka Rekening Tabungan Emas dengan bawa dokumen identitas seperti Kartu Tanda Penduduk atau Paspor yang berlaku.
  2. Isi formulis yang disiapkan, lantas bayar biaya administrasi.
  3. Seterusnya Anda dapat pilih jumlah emas yang ingin ditabung dan ongkos penitipannya. Contohnya harga emas per gr saat ini ialah Rp 586.000, maka Anda harus bayar emas yang ingin ditabung ditambah ongkos penyimpanan untuk satu tahun (Rp 2.500 x 12 = Rp 30.000).

Setiap saat bila Anda memerlukan uang, maka emas yang ada ditabungan Anda dapat dipasarkan kembali pada pihak Pegadaian. Minimum berat emas yang dapat dipasarkan ialah 1 gr.

Menabung Emas Batangan atau Emas Antam

Bila Anda merencanakan untuk melakukan investasi dalam jumlah kecil, maka simpan di dalam rumah menjadi pilihan. Untuk emas berbentuk perhiasan, selain berharga investasi, Anda dapat juga memakainya untuk acara spesial seperti acara pesta. Tetapi harus diingat jika penyimpanan sebaiknya dilaksanakan dengan aman, contohnya memakai peti uang.

Pakai service Safe Deposit Box (SDB) yang disiapkan oleh bank untuk amankan emas Anda, terlebih bila Anda mempunyai emas batangan.

Cara lain untuk amankan asset emas Anda dengan memakai layanan Pegadaian. Anda dapat menitipkan ke Pegadaian saat Anda melancong, lantas ditebus lagi saat Anda kembali lagi.

Ikut Arisan Emas

Selain tabungan serta gadai emas, Kantor Pegadaian sediakan service arisan emas. Arisan emas adalah jenis investasi emas yang dapat dilaksanakan dengan cara komunal (bersama). Dengan keseluruhan peserta arisan maximum 36 orang, Anda dapat beli emas sesuai dengan jumlah yang diharapkan dengan cara bersama-sama hingga tambah murah.

Contohnya, barisan arisan Anda ingin menginvestasikan 10 gr emas. Pada harga emas Rp 586.000 per gr, maka 10 gr ialah Rp 5.860.000. Angka ini selanjutnya dipisah dengan jumlah anggota arisan, contohnya Rp 5.860.000 dipisah 36 orang, hingga per orang cukup bayar Rp 162.800.

Karena juara arisan diundi tiap bulan, seperti arisan uang, maka setoran sejumlah Rp 162.800 dibayarkan tiap bulan. Nanti, juara arisan setiap bulannya akan memperoleh kepingan emas sesuai yang disetujui di antara peserta serta faksi Pegadaian.

Jenis Jenis Investasi Dalam Bentuk Emas

1. Emas Perhiasan (jewelry)

Investasi emas dalam bentuk ini memiliki dua keunggulan sekaligus yaitu sebagai sarana investasi dan sebagai perhiasan yang dapat digunakan. Banyak masyarakat yang masih yakin bahwa investasi dalam bentuk emas akan memberikan keuntungan dan tingkat rasa aman yang lebih tinggi. Emas perhiasan merupakan bentuk investasi emas dasar yang yang sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu.

Salah satu kelemahan investasi emas perhiasan adalah biaya pembuatan perhiasaan tersebut. Biaya inilah yang menyebabkan harga per-gram emas tersebut menjadi lebih mahal. Semakin rumit dan sulit bentuk perhiasan tersebut, semakin mahal pula biaya pembuatan dan harga yang harus dibayar. Dan pada saat Anda akan menjual kembali perhiasan emas tersebut, biaya pembuatan perhiasan emas tersebut biasanya tidak diperhitungkan oleh toko emas.

Emas perhiasan tersebut dijual hanya berdasarkan berat dan kadar yang dimiliki. Oleh karena itu, berinvestasi emas dalam bentuk emas perhiasan ini menjadi lebih mahal meskipun memiliki dua keunggulan sekaligus yaitu berinvestasi dan bergaya.

2. Emas Batangan (bar)

Jenis investasi emas dalam bentuk batangan memberikan tingkat keuntungan dan dan rasa aman yang lebih tinggi. Investasi dan membeli emas batangan (bar) lebih terjamin karena akan diberikan sertifikat keaslian yang didalamnya memberikan informasi mengenai nomor id, berat, ukuran dan tingkat kadar emasnya. Logam mulia yang umumnya diterima (jual-beli) pasar Indonesia adalah logam mulia dari PT. Aneka Tambang,Tbk. dengan berat logam mulia adalah 1, 2, 2.5, 3, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 1000 gram dan kadar emas 999.9%. Sekarang banyak investor yang berinvestasi dalam emas batangan dengan cara berkebun emas untuk memperbesar keuntungan.

3. Koin Emas (coin)

Penerbitan koin emas akan mempermudah perencanaan jangka panjang keluarga yang ingin mencapai harapan seperti Naik Haji. Investasi koin emas juga dapat dihubungkan dengan koleksi barang-barang antik. Harga koin emas antic yang ditawarkan akan jauh lebih tinggi dibandingkan harga koin emas biasanya yang hanya dinilai berdasarkan tingkat kemurnian atau kadar karatnya. Bagi Anda yang memiliki uang berlebih dan mengenal seluk beluk barang antik, investasi emas jenis ini dapat menjadi alternatif pilihan menarik untuk jangka panjang.

Emas merupakan jenis investasi yang cukup menarik apalagi bila Anda memiliki prespektif jangka panjang. Fluktuasi harga emas dalam satuan rupiah sangat dipengaruhi oleh nilai tukar dolar terhadap rupiah. Harga emas juga sangat dipengaruhi oleh tingkat inflasi. Semakin tinggi tingkat inflasi, biasanya semakin tinggi pula kenaikan harga emas.

Terdapat beberapa gerai resmi yang jual logam mulia. Hingga mutunya pastinya terjaga alias tidak bukan emas palsu. Ukurannya juga bermacam, dari mulai 1 gr, sampai beberapa puluh serta beberapa ratus gr.

Manfaat Investasi Emas

Dengan investasi emas, maka ada banyak keuntungan yang penting dipahami supaya tidak sangsi lagi simpan dana untuk hari esok berbentuk instrumen ini. Lantas apa keuntungan investasi emas itu? Berikut penjelasannya:

1. Tidak Alami Perubahan atau Perkembangan Kualitas

Investasi emas, diketahui adalah investasi yang tidak kenal perubahan kualitas. Juga dengan nilainya, tidak ada perkembangan yang relevan. Tidak seperti investasi di bidang keuangan, yang gerakannya cukup dinamis serta mencolok.

2. Efek Investasi Emas Benar-benar Rendah

Saat putuskan melakukan investasi, pasti tidak asal-asalan untuk pilih instrumen investasi, kan? Nah, jenis investasi apakah yang akan diambil serta semacam apa investasi yang pas dengan penghasilan itu harus dipikir dengan masak. Siapkan juga perencanaan laporan investasi keuangan Anda untuk memantau keuangan Anda.

Ditambah lagi tentang efek yang perlu dijamin atau dirasakan saat melakukan investasi. Tentunya jangan asal-asalan yang pada akhirnya memunculkan permasalahan. Nah, investasi emas ini mempunyai efek rendah, tidak seperti investasi pada saham. Bila pemula, investasi emas ini relatif dianjurkan.

3. Tidak Menimbulkan Beberapa biaya Tambahan

Emas adalah logam mulia yang makin lama malah makin langka. Bukti ini dapat digunakan untuk jadikan emas untuk instrumen investasi. Makin lama Anda mengurus investasi emas, maka harga yang didapat mempunyai potensi makin naik.

Walau ada gerakan pengurangan, tetapi pengurangannya juga masih juga dalam jumlah yang paling lumrah, serta tidak mermerlukan waktu yang lama pasti alami peningkatan lagi.

4. Emas Dapat Dirubah Bentuknya Sesuai dengan Kemauan

Logam mulia yang ini mempunyai elastisitas yang tinggi karena dapat dibuat seperti keinginan, seperti jadi emas perhiasan, beberapa perlengkapan rumah tangga, hiasan dinding, serta ada banyak lagi. Nah, walau telah dirubah jadi bentuk lain, saat dipasarkan lagi, nilainya masih tinggi semasa jumlah karatnya ada banyak.

5. Dana untuk Investasi Emas Temasuk Kecil

Tidak harus punyai uang beberapa puluh juta atau beberapa ratus juta rupiah lebih dulu untuk dapat mempunyai investasi. Dana yang diperlukan untuk lakukan investasi di logam mulia tidak harus besar. Karena rerata harga yang dipasarkan di Butik Emas atau di Antam cuman rata-rata Rp600-an ribu per gr serta seputar Rp2-3 juta-an saja per 5 gramnya.

Oleh karena itu, investasi di logam mulia ini relatif cukup dapat dijangkau buat siapapun. Kamu dapat menyisihkan beberapa pendapatan per bulannya untuk mencicil pembelian logam mulia. Karena banyak butik emas yang tawarkan pembelian dengan cara mencicil. Gampang, kan?