Gunung Tertinggi di Benua Asia

Gunung Everest, Gunung Tertinggi di Benua Asia

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di Benua Asia dan merupakan gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter (29.029 kaki). Gunung ini berlokasi di perbatasan antara Nepal dan Tibet, China. Di Nepal, gunung ini biasa disebut sebagai Sagarmatha, yang berarti “Kepala di langit,” dan di Tibet, gunung ini dikenal sebagai Chomolungma atau “Dewi ibu dari semua dunia”.

Gunung K2, Gunung Kedua Tertinggi di Benua Asia

Gunung K2 adalah gunung kedua tertinggi di Benua Asia dan gunung tertinggi kedua di dunia, dengan ketinggian 8.611 meter (28.251 kaki). Gunung ini berlokasi di perbatasan antara Pakistan dan China. Di Pakistan, gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Chogori, yang berarti “Raja gunung”. Gunung K2 sering disebut sebagai gunung “tertaklukkan” karena sulitnya mencapai puncak gunung ini.

Gunung Kanchenjunga, Gunung Ketiga Tertinggi di Benua Asia

Gunung Kanchenjunga adalah gunung ketiga tertinggi di Benua Asia dan gunung ketiga tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini berada di perbatasan antara India dan Nepal. Di India, gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Sikkim. Gunung Kanchenjunga memiliki tiga puncak utama, yang dikenal sebagai Puncak Utara, Puncak Selatan dan Puncak Tengah.

Gunung Makalu, Gunung Keempat Tertinggi di Benua Asia

Gunung Makalu adalah gunung keempat tertinggi di Benua Asia dan gunung keempat tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.485 meter (27.838 kaki). Gunung ini berlokasi di perbatasan antara Nepal dan China. Gunung Makalu memiliki puncak utama yang dikenal sebagai Puncak Utara dan Puncak Selatan. Gunung ini juga dikenal sebagai gunung “tertaklukkan”, karena sulitnya mencapai puncaknya.

Gunung Lhotse, Gunung Kelima Tertinggi di Benua Asia

Gunung Lhotse adalah gunung kelima tertinggi di Benua Asia dan gunung kelima tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.516 meter (27.940 kaki). Gunung ini berlokasi di perbatasan antara Nepal dan Tibet, China. Gunung Lhotse memiliki dua puncak utama, yang dikenal sebagai Puncak Utara dan Puncak Selatan. Gunung ini juga dikenal sebagai gunung “tertaklukkan”.

Gunung Cho Oyu, Gunung Keenam Tertinggi di Benua Asia

Gunung Cho Oyu adalah gunung keenam tertinggi di Benua Asia dan gunung keenam tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.188 meter (26.864 kaki). Gunung ini berlokasi di perbatasan antara Nepal dan Tibet, China. Di Nepal, gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Turquoise, yang berarti “gunung turquoise”. Gunung Cho Oyu memiliki puncak utama yang dikenal sebagai Puncak Utara dan Puncak Selatan.

Gunung Dhaulagiri, Gunung Ketujuh Tertinggi di Benua Asia

Gunung Dhaulagiri adalah gunung ketujuh tertinggi di Benua Asia dan gunung ketujuh tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.167 meter (26.795 kaki). Gunung ini berlokasi di Nepal. Di Nepal, gunung ini juga dikenal sebagai Gunung White Mountain, yang berarti “gunung gunung putih”. Gunung Dhaulagiri memiliki puncak utama yang dikenal sebagai Puncak Utara, Puncak Selatan, Puncak Tengah dan Puncak Barat.

Gunung Manaslu, Gunung Kedelapan Tertinggi di Benua Asia

Gunung Manaslu adalah gunung kedelapan tertinggi di Benua Asia dan gunung kedelapan tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.163 meter (26.781 kaki). Gunung ini berlokasi di perbatasan antara Nepal dan Tibet, China. Di Nepal, gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Mountain of the Spirit, yang berarti “gunung gunung jiwa”. Gunung Manaslu memiliki puncak utama, yang dikenal sebagai Puncak Utara dan Puncak Selatan.

Gunung Annapurna, Gunung Kesembilan Tertinggi di Benua Asia

Gunung Annapurna adalah gunung kesembilan tertinggi di Benua Asia dan gunung kesembilan tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.091 meter (26.545 kaki). Gunung ini berlokasi di Nepal. Di Nepal, gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Goddess of the Harvests, yang berarti “gunung dewi panen”. Gunung Annapurna memiliki puncak utama, yang dikenal sebagai Puncak Utara, Puncak Selatan, Puncak Tengah dan Puncak Barat.

Gunung Nanga Parbat, Gunung Kesepuluh Tertinggi di Benua Asia

Gunung Nanga Parbat adalah gunung kesepuluh tertinggi di Benua Asia dan gunung kesepuluh tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.126 meter (26.660 kaki). Gunung ini berlokasi di Pakistan. Di Pakistan, gunung ini juga dikenal sebagai Gunung Naked Mountain, yang berarti “gunung gunung telanjang”. Gunung Nanga Parbat memiliki puncak utama, yang dikenal sebagai Puncak Utara dan Puncak Selatan.

Kesimpulan

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di Benua Asia dan merupakan gunung tertinggi di dunia, dengan ketinggian 8.848 meter (29.029 kaki). Selain Gunung Everest, ada 9 gunung lain yang memiliki ketinggian di atas 8.000 meter di Benua Asia, yaitu Gunung K2, Gunung Kanchenjunga, Gunung Makalu, Gunung Lhotse, Gunung Cho Oyu, Gunung Dhaulagiri, Gunung Manaslu, Gunung Annapurna dan Gunung Nanga Parbat.