Mengapa volume termasuk besaran turunan

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Mengapa volume termasuk besaran turunan

Volume termasuk besaran turunan … karena volume merupakan besaran yang diturunkan dari besaran pokok yaitu besaran panjang.

Sehingga satuan volume (meter kubik atau m³) juga diturunkan dari satuan panjang (meter)

Pembahasan:

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dengan angka dan satuan. Besaran dapat berupa besaran pokok atau besaran turunan.

Besaran pokok adalah besaran dalam SI (Sistem Internasional) yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran pokok dapat digabungkan menjadi besaran turunan.    

Ada 7 besaran pokok, yaitu Panjang (satuan meter, m); Massa (satuan kilogram, kg); Waktu (satuan detik, s); Suhu (satuan kelvin, K); Kuat arus listrik (satuan ampere, A); Intensitas cahaya (satuan candela, Cd); dan Jumlah zat (satuan mol)

Besaran turunan adalah besaran-besaran lain dalam pengukuran, yang semuanya terbentuk dari turunan atau penggabungan beberapa besaran pokok.  

Contoh besaran turunan adalah volume. Besaran volume ini memiliki satuan meter kubik (m³), dan memiliki Dimensi [L]³, yang diturunkan dari besaran panjang (meter, m) dan dimensi panjang [L]. Volume adalah besaran yang menyatakan besarnya ruang yang ditempati suatu benda tertentu.    

–––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––

Detail Jawaban:  

Mata Pelajaran: Fisika    

Kode: 7.6.1    

Kelas: VII    

Materi: Bab 1 – Besaran dan Pengukuran

#AyoBelajar

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Mengapa volume termasuk besaran turunan Semoga Membantu.