Cara Membuat Susu Kedelai untuk Kesehatan yang Lebih Baik

Susu kedelai adalah salah satu alternatif susu yang populer untuk orang yang alergi terhadap laktosa atau sedang menjalankan diet vegetarian. Selain itu, susu kedelai juga merupakan sumber protein yang kaya, dan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Seperti halnya susu sapi, susu kedelai juga bisa dibuat di rumah dengan mudah. Berikut ini cara membuat susu kedelai yang sederhana.

1. Pilih Kedelai yang Tepat

Ketika memilih kedelai untuk membuat susu kedelai, yang penting adalah memilih biji kedelai yang berkualitas baik. Makin kuning dan besar biji kedelai berarti biji kedelai tersebut memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak. Jika Anda tidak memiliki akses ke pasar lokal, Anda juga bisa membeli biji kedelai dari toko bahan makanan organik atau obat-obatan.

2. Cuci Biji Kedelai

Setelah Anda memilih biji kedelai yang berkualitas baik, selanjutnya adalah mencuci biji kedelai dengan air mengalir. Gunakan saringan untuk memungkinkan air untuk mengalir melalui biji kedelai. Setelah itu, tiriskan airnya dan Anda siap untuk memasak biji kedelai.

3. Masak Biji Kedelai

Karena proses memasak ini cukup rumit, Anda bisa menggunakan pressure cooker atau slow cooker untuk memasak biji kedelai dengan lebih cepat dan lebih mudah. Ketika memasak biji kedelai, jangan lupa untuk menggunakan banyak air untuk memastikan biji kedelai tersebut matang dengan sempurna. Jika Anda menggunakan pressure cooker, maka biasanya biji kedelai akan matang dalam waktu 20 hingga 25 menit. Jika Anda menggunakan slow cooker, maka biji kedelai akan matang dalam waktu satu jam hingga satu jam setengah.

4. Blender Biji Kedelai

Setelah biji kedelai matang, Anda bisa menggunakan blender untuk menghancurkan biji kedelai. Tujuannya adalah untuk menghasilkan susu kedelai yang lebih halus. Jika Anda tidak memiliki blender, Anda juga bisa menggunakan food processor atau bahkan garpu untuk menghancurkan biji kedelai.

5. Tambahkan Gula dan Garam

Setelah biji kedelai dihancurkan, Anda bisa menambahkan gula dan garam untuk menambah rasa susu kedelai. Jika Anda ingin susu kedelai yang lebih manis, Anda bisa menambahkan lebih banyak gula. Jika Anda ingin susu kedelai yang lebih asin, Anda bisa menambahkan lebih banyak garam. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan rempah-rempah lainnya untuk memberikan rasa susu kedelai yang lebih kompleks.

6. Rebus Susu Kedelai

Setelah Anda menambahkan gula dan garam, selanjutnya adalah merebus susu kedelai. Tujuannya adalah untuk memastikan susu kedelai benar-benar bersih dan aman untuk dikonsumsi. Rebus susu kedelai selama 10 menit hingga 15 menit, lalu biarkan susu kedelai agar menjadi dingin sebelum menyimpannya di dalam wadah.

7. Saring Susu Kedelai

Ketika susu kedelai sudah dingin, Anda bisa menyaring susu kedelai dengan menggunakan kain saring atau kain muslin. Tujuannya adalah untuk memisahkan kulit kedelai dari sisa-sisa kedelai yang telah dihancurkan. Setelah itu, Anda juga bisa mengoreksi rasa susu kedelai dengan menambahkan gula atau garam.

8. Simpan Susu Kedelai

Setelah Anda menyaring susu kedelai, selanjutnya adalah menyimpannya di dalam wadah tertutup. Jika Anda ingin susu kedelai bertahan lebih lama, maka Anda bisa menyimpannya di dalam wadah yang tahan lama. Simpan susu kedelai di dalam kulkas dan gunakan sesegera mungkin. Jika Anda tidak memiliki akses ke kulkas, Anda juga bisa menyimpan susu kedelai di dalam wadah yang tertutup di tempat yang sejuk dan kering.

9. Konsumsi Susu Kedelai

Susu kedelai bisa dikonsumsi langsung atau dicampurkan dengan makanan lainnya. Susu kedelai bisa dimasak dengan berbagai jenis makanan, seperti oatmeal, smoothie, atau bahkan diolah menjadi es krim. Selain itu, susu kedelai juga bisa dicampurkan dengan berbagai jenis makanan lainnya, seperti bubur, kue, atau jus. Jadi, Anda bisa menikmati berbagai jenis makanan sehat dengan menggunakan susu kedelai.

Kesimpulan

Membuat susu kedelai di rumah sangat mudah dan menyenangkan. Selain itu, susu kedelai juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan sistem imun, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi risiko penyakit jantung. Jadi, jika Anda ingin menjaga kesehatan Anda, cobalah membuat susu kedelai di rumah. Dengan cara ini, Anda bisa memastikan bahwa Anda mendapatkan susu kedelai dengan kualitas terbaik.