Hutang

9+ Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Yang Menumpuk

Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit | Siap untuk singkirkan hutang kartu kredit serta mengenali tips cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk? Yang tetap menggangu pikiran Anda? Sakit serta capek mencemaskan pembayaran, ongkos keterlambatan serta saldo yang tetap bertambah pada pengakuan Anda tiap bulan? Bayar kesetimbangan kartu kredit tidak gampang.

Tips Cara Melunasi Hutang Kartu Kredit Yang Menumpuk

Kemungkinan perlu beberapa waktu serta usaha sebelum Anda bebas dari hutang seutuhnya. Jangan dibiarkan hal tersebut menghambat Anda. Serta untuk memudahkan Anda, kami sudah merinci cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk yang bisa Anda ikuti untuk melunasi hutang kartu kredit Anda:

1. Tentukan Tujuan Anda

Pertama kali, catat dengan lengkap dan detail seberapa banyak hutang yang Anda punya. Bila Anda mempunyai beberapa kartu kredit untuk dilunasi, utamakan mereka dalam soal mana yang perlu dilunasi terlebih dulu. Selanjutnya Anda bisa memutuskan sendiri, yang akan menolong Anda untuk selalu termotivasi serta memberikan Anda gamabran yang pasti mengenai apa yang menjadi tujuan Anda.

2. Simpan Kartu Kredit Anda

Simpan kartu kredit anda berarti jangan gunakan kartu kredit anda bisa memang tidak terdesak. Jika anda tidak bisa menyimpannya bisa-bisa hutang Anda menjadi juta-an kali bertambah, susah untuk bayar hutang bila Anda masih belanjakan kartu kredit Anda. Jadi, sesudah Anda mengawali proses melunasi hutang Anda, tekankan Anda ambil kartu-kartu itu dari dompet Anda, serta taruh di satu tempat dimana Anda tidak tertarik untuk memakainya seperti langkah melunasi utang riba.

3. Buat Budget Pengeluaran

Saat ini Anda sudah memiliki komitmen untuk melunasi hutang Anda, budget yang kedap udara bertambah penting dari sebelumnya. Awalilah dengan hitung pendapatan bulanan Anda, dan analisiskan semua pengeluaran Anda yang dibutuhkan, seperti biaya sewa, biaya membeli bahan makanan, biaya transportasi atau bensin. Sisihkan uang untuk beberapa hal ini terlebih dulu tidak ada fungsinya Anda membayar besar pada kartu kredit Anda, cuma untuk mendapatkan Anda perlu memakai kartu yang serupa untuk bayar uang sewa Anda.

Sesudah Anda menyisihkan uang untuk keperluan primer, distribusikan budget Anda yang tersisa untuk bayar hutang Anda. Kehidupan sosial Anda kemungkinan menanggung derita untuk sementara, waktnyau Anda kencangkan ikat pinggang budget Anda, tapi motivasikan diri Anda agar segera cepat melunasi hutang dan terbebas.

4. Cari Dana Cadangan

Mempunyai uang tambahan? Kemungkinan kini waktunya untuk memakainya untuk singkirkan hutang Anda yang masih ada. Anda kemungkinan mendapatkan dorongan dana tambahan dari pengembalian pajak, hadiah, atau tabungan Anda. Bila Anda sudah menyisihkan uang untuk suatu hal seperti berlibur atau mobil baru, pikir dengan serius mengenai apa uang itu semakin lebih baik dihabiskan melunasi hutang Anda.

Anda dapat membuat uang tunai tambahan untuk dimasukkan pada saldo kartu kredit Anda dengan lakukan beberapa hal seperti menjual sebagian barang yang tidak perlu. Tidak perduli bagaimana Anda memperolehnya, masukan uang tambahan apa saja yang Anda bisa untuk bayar hutang itu ibarat langkah melunasi hutang ke rentenir.

5. Bicarakan Dengan Pemberi Kartu Kredit

Langsung saja hubungi pihak pemberi kartu kredit Anda. Beberapa perusahaan kartu kredit mempunyai skema yang berlaku saat Anda alami kesusahan bayar tagihan Anda, jadi hubungi saja pihak kartu kredit dan bicara dengan salah satunya Costumer Service nya. Biarkan mereka mengetahui jika Anda sedang mengalami kesusahan dalam melunasi hutang Anda serta mereka kemungkinan bisa menolong dengan turunkan ketertarikan Anda semasa periode waktu spesifik, atau membiarkan biaya keterlambatan sekarang ini untuk memberikan Anda ruangan untuk bernafas sejenak.

6. Bayar Satu Per Satu

Fakta penting untuk memutuskan tujuan serta mengutamakan hutang sebelumnya, salah satu langkah paling baik untuk bayar hutang dengan membayarnya satu per satu. Bila Anda mempunyai beberapa kartu kredit dengan saldo, karena itu ada dua saluran pertimbangan terkenal mengenai langkah menanganinya:

  • Utamakan kartu kredit dengan bunga paling tinggi terlebih dulu, atau
  • Bayar hutang kartu kredit dengan hutang terkecil.

Silahkan Anda pilih sendiri metode mana yang sesuai dengan keuangan anda.

7. Konsolidasikan Hutang Anda

Alternatif lain untuk singkirkan beberapa hutang kartu kredit adalah mengonsolidasikan mereka jadi satu agar mudah untuk mengurus hutang. Ada dua langkah untuk lakukan ini: dengan utang koalisi atau mungkin dengan penawaran kartu kredit transfer saldo. Satu utang koalisi kemungkinan jadi pilihan yang baik bila Anda punyai kesetimbangan yang besar sekali, atau bila Anda mempunyai beberapa kartu credit, ditambah hutang utang lain untuk mengatasi. Satu transfer saldo kemungkinan semakin lebih baik bila Anda cuma mempunyai satu kartu credit serta Anda ingin melarikan diri bunga yang tinggi, sebab beberapa transfer saldo tawarkan tiba dengan periode bunga 0%.

8. Mempunyai Rencana Pembayaran

Untuk cara melunasi hutang kartu kredit yang ke-8 ini sangat penting untuk dilakukan. Karena, bila anda tidak mempunyai rencana pembayaran anda akan kebingungan sendiri ketika ingin melunasi yang mana dulu. Maka dari itu merencanakan pembayaran itu sangat penting. Anda bisa mulai dengan menuliskan di buku atau note HP anda agar mudah di ingat.

9. Kenali Cara Keluar Dari Jeratan Hutang

Sesudah Anda melunasi semua hutang itu, yang selanjutnya adalah menjauhinya! Anda tidak lakukan semua usaha keras cuma untuk menimbun saldo kartu kredit yang besar, kan?

10. Sisihkan Pendapatan Anda Untuk Dana Darurat

Salah satu langkah tercepat untuk melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk ialah memiliki dana simpanan darurat. Sebaik nya simpan dana ini untuk keperluan yang sangat sangat penting, jangan gunakan uang ini hanya untuk keperluan yang sifatnya tidak penting.

11. Tutup Kartu Kredit Anda

Sesudah hutang Anda lunas, pikirkan cara untuk menutup rekening kartu kredit lama bila Anda mendapatkan rayuan untuk memperpanjangnya dengan iming iming potongan harga atau yang lainnya.

Itulah dia 9+ cara melunasi hutang kartu kredit yang menumpuk, semoga dengan tips ini anda bisa ter-inspirasi dan cepat bisa melunasi nya.

Admin Dimensiku

Pengalaman perbankan, asuransi, pasar modal, investasi dan rencana keuangan saya bagikan melalui Blog Dimensiku karena prihatin melihat banyak orang melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan keluarga. Semoga Anda tercerahkan dan bisa membangun keuangan keluarga yang sehat. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button