Tips Bisnis

Cara Daftar dan Aktivasi M Banking BCA

M Banking BCA | Hampir tiap orang di zaman yang makin maju ini setiap hari melakukan transaksi keuangan dimanapun. Ditambah dengan hadirnya sarana mobile banking atau yang biasa disebut M-Banking yang sekarang banyak ditawarkan oleh bank. BCA menjadi salah satu bank terbesar di Indonesia juga menyiapkan layanan yang sama dengan nama m-BCA. Aplikasi m-BCA bisa dikatakan sebagai aplikasi yang mudah digunakan, ringkas, aman dan user-friendly.

Keuntungan Menggunakan Layanan m-BCA / M Banking BCA

Pada dasarnya, mobile banking berupaya memberi keringanan untuk semua nasabahnya ketika ingin melakukan transaksi keuangan kapanpun serta dimanapun. Untuk menggunakan layanan m-BCA cara nya sangatlah mudah, hampir tiap orang dapat belajar cara pemakaiannya tanpa ada membutuhkan ketrampilan spesial.

Selain itu, aplikasi m-BCA juga termasuk aplikasi yang cukup ringkas, karena Anda dapat lakukan beberapa jenis transaksi keuangan kapanpun serta dimanapun dengan catatan perangkat yang digunakan tersambung dengan jaringan internet.

Tidak itu saja, setiap transaksi yang dilakukan melalui m-BCA juga dilindungi dengan perlindungan optimal. Salah satunya misalnya, Anda akan diharuskan untuk masukkan PIN yang sudah dibuat di awal pendaftaran, dan setiap transaksi yang melalui m-BCA atau M Banking BCA akan di encrypt untuk menjamin keamanannya.

Menu Yang Ada Dalam m-BCA

cara daftar dan aktivasi m-BCA
Cara Daftar dan Aktivasi M Banking BCA

Untuk yang sudah download aplikasi m-BCA, di bawah ini ialah beberapa menu yang bisa Anda manfaatkan dalam aplikasi itu:

1. m-Info

Di dalam menu m-Info, Anda dapat terhubung beberapa info sekitar tabungan, dari mulai informasi saldo, perubahan rekening, sampai informasi kurs ter-up to date.

2. m-Admin (Aktivasi, tukar PIN, dll)

Untuk yang akan mengubah PIN m-BCA, tak perlu berkunjung ke bank BCA terdekat. Anda cukup masuk di menu m-Admin untuk mengganti PIN aplikasi mobile banking.

3. m-Transfer

Seperti yang telah dijelaskan diatas, aplikasi m-BCA dapat digunakan setiap nasabah nya untuk melakukan transfer dana kemana saja serta kapan juga. Anda cukup masuk di menu m-Transfer untuk terhubung service transfer antar rekening BCA atau antar bank.

4. m-Commerce (Pulsa isi ulang)

Setelah itu ada menu m-Commerce dimana Anda dapat membayar online sampai pembelian online sepertu beli pulsa smartphone, listrik dan lain-lain.

5. m-Payment (Kartu Credit, Smartphone, Telkom, Asuransi, Pendidikan, dll)

Menu yang terakhir ialah m-Payment, di menu ini Anda akan memperoleh beberapa keringanan untuk bayar tagihan. Dari mulai bayar kartu credit, smartphone, Telkom, asuransi, pendidikan dan lain-lain.

Cara Daftar M Banking BCA di ATM BCA

  1. Masukan kartu ATM BCA ke mesin ATM BCA
  2. Masukan 6 digit PIN rekening BCA Anda.
  3. Pilih menu TRANSAKSI LAINNYA di monitor.
  4. Pilih DAFTAR E-BANKING serta pilih menu MOBILE BANKING.
  5. Sepakati syarat dan ketentuan penggunaan M Banking BCA dengan pilih YA.
  6. tahap selanjutnya akan diharuskan memasukkan nomor smartphone yang Anda yang akan dipakai pada hp M Banking BCA.
  7. Setelah itu, buat lah PIN mobile banking yang nanti dipakai untuk masuk ke aplikasi mobile banking.
  8. Verifikasi kembali lagi PIN mobile banking yang punya.
  9. Register berhasil, dan Anda bisa langsung menggunakan aplikasi m-BCA

Cara Aktivasi M Banking BCA di Kantor Cabang Bank BCA

Bila anda mempunyai banyak waktu luang untuk datangi kantor cabang BCA untuk aktifkan layanan finansial di m-BCA atau layanan M Banking BCA seperti m-Commerce, serta m-Payment, di bawah ini ialah beberapa langkah yang perlu anda siapkan:

  • Sediakan kartu ATM/Tapres/BCA Dollar yang tersambung dengan sarana m-BCA
  • Kartu identitas diri ( KTP atau SIM)
  • Bawa kartu Paspor BCA yang tersambung dengan sarana m-BCA yang awalnya sudah Anda daftarkan.
  • Pelu diperhatikan, sebelum aktifkan layanan m-BCA, pastikan anda sudah melakukan pendaftaran m-BCA serta aktivasi non finansial pada hp anda.
  • Nasabah langsung bisa lakukan transfer di hari yang sama sesudah proses aktivasi layanan finansial telah berhasil.

Cara Menggunakan Aplikasi m-BCA

1. Cara Cek Suku Bunga Tabungan / Deposito Rupiah / Deposito Valas

Untuk yang akan memeriksa suku bunga tabungan, deposito rupiah dan deposito valas, di bawah ini ialah beberapa langkah yang perlu dilaksanakan :

  1. Pilih menu m-BCA di hp lalu tekan OK/YES
  2. Setelah itu, pilih menu m-Info lalu tekan OK/YES
  3. Selanjutnya trackan tombol yang lain lalu tekan OK/YES
  4. Masukan lah PIN m-BCA lalu tekan OK/YES
  5. Pilih sk bunga tab/sk bunga dep Rp/sk bunga dep va
  6. Masukan kembali lagi PIN m-BCA lalu tekan OK/YES
  7. Nantikan sesaat, Anda akan terima info itu berbentuk SMS.

2. Transfer Antar Rekening BCA

Seperti sudah Kita singgung diatas, kelebihan dari layanan M Banking BCA atau m-BCA ialah dapat lakukan transfer antar rekening atau antar bank. Di bawah ini ialah beberapa langkah untuk yang akan lakukan transfer ke sesama bank BCA.

  1. Pilih menu “m-BCA” di hp lalu tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Transfer” lalu tekan OK/YES
  3. Pilih “Antar Rek” lalu tekan OK/YES
  4. Pilih tipe “Mata Uang (Rp/USD/SGD)” lalu tekan OK/YES
  5. Masukan Jumlah Uang yang akan ditransfer lalu tekan OK/YES
  6. Masukan No. RekeningTujuan yang akan ditransfer lalu tekan OK/YES
  7. Masukan PIN m-BCA lalu tekan OK/YES
  8. Untuk bagian berita bisa anda isi/kosongkan (tidak wajib)
  9. Selanjutnya Anda akan diharap mengkonfirmasikan kembali lagi data penerima dana yang dituju. pilih data transaksi yang tampil di layar verifikasi sudah benar. Bila Anda pikir sudah benar tekan OK/YES lalu teruskan ke no. 11. Bila tidak, diamkan sebentar sampai pesan itu hilang serta automatis transaksi akan dibatalkan.
  10. Masukan PIN m-BCA lalu tekan OK/YES
  11. Tunggu sebentar, Anda akan terima pesan yang berisi info transaksi transfer Sukses atau Tidak berhasil.

3. Transfer Antar Bank / Selain Bank BCA

Seperti sudah disinggung di atas, layanan M Banking BCA selain dapat transfer ke sesama bank BCA, Anda juga dapat lakukan transfer ke antar bank. Berikut cara-caranya :

  1. Pilih menu “m-BCA” di hp lalu tekan OK/YES
  2. Pilih menu “m-Transfer” lalu tekan OK/YES
  3. Pilih menu “Antar Bank” untuk meneruskan ke transaksi transfer antar bank lalu tekan OK/YES
  4. Masukan “Code Bank” tujuan, bila tidak mempunyai code bank transaksi transfer ke antar bank tidak akan berhasil. Anda dapat mencari kode-kode transfer bank di internet. Setelah itu tekan OK/YES untuk meneruskan transaksi.
  5. Masukan nomor rekening tujuan lalu tekan OK/YES
  6. Masukan Jumlah Uang yang akan ditransfer, lihatlah jumlah dana yang akan ditransfer, jangan sampai salah lalu tekan OK/YES untuk meneruskan ke proses sleanjutnya
  7. Masukan PIN m-BCA lalu tekan OK/YES
  8. Tahap selanjutnya, Anda akan diharuskan mengkonfirmasikan kembali lagi data penerima dana transfer. Pastikan data-data transaksi yang tampil di layar hp anda sudah betul. Bila betul, tekan OK/YES serta teruskan ke tahap selanjutnya. Bila tidak berhasil, tunggu sebentar sampai pesan itu hilang dan automatis transaksi itu akan dibatalkan.
  9. Masukan PIN m-BCA lalu tekan OK/YES
  10. Tunggu sebentar, Anda akan terima pesan yang berisi info transaksi transfer Sukses atau Tidak berhasil yang akan masuk di kotak pesan menu m-Transfer.

Demikian lah beberapa hal mengenai cara daftar dan aktivasi M Banking BCA yang perlu untuk diketahui. Karena keringanan itu Anda juga dapat lakukan transaksi secara cepat tak perlu terkedala antrean di ATM atau serta menghabiskan waktu di depan mesin ATM.

Admin Dimensiku

Pengalaman perbankan, asuransi, pasar modal, investasi dan rencana keuangan saya bagikan melalui Blog Dimensiku karena prihatin melihat banyak orang melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan keluarga. Semoga Anda tercerahkan dan bisa membangun keuangan keluarga yang sehat. Semoga bermanfaat !

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button